Hati-Hati Penipuan Mengatasnamakan Facebook

Kemarin Selasa minggu lalau sekitar jam 01.00 dini hari ane dapet pesan FB dari (yang mengaku) Facebook Security melaporkan tindakan dan akan mengancam memblokir akun facebook ane jika tidak mengkonfirmasi melalui link yang telah diberikan. Pertama sih ane kaget dan pengen langsung klik link tersebut, dalam pikiran ane itu facebook pribadi satu-satunya yang ane miliki dan kalo diblokir ntar contact temen-temen ane akan juga hilang. Sesaat ane menenangkan diri dulu dan menghilangkan pikiran-pikiran yang tidak enak, tapi dilihat-lihat ada yang aneh dari pesan tersebut. Coba lihat dibawah ini.
Penipuan Facebook

Dari screenshot diatas bisa anda lihat beberapa hal ane seperti berikut :
1. Nama Facebook Security menjadi Facẻbøøķ Seƈurỉty tentunya Alay dan freak.
Facebook tidak mungkin menggunakan font yang sangat susah dibaca seperti itu, facebook pasti menggunakan font normal dan mudah dibaca.
2. Pesan itu dikirim dari sebuah akun facebook.
Facebook tidak akan menggunakan sebuah akun untuk memberitahukan sesuatu yang bersangkutan dengan keamanan akun (Security).
3. Facebook tidak akan mengancam.
Anda lihat cuplikan pesan diatas ada nada mengancam untuk menutup akun bila tidak mengkilk link yang telah diberikan.
4. Facebook tidak mungkin salah ketik.
Nah, yang ane lingkari dengan lingkaran merah itu dia salah tulis kurang spasi setelah kata "Anda".

Nah bandingkan dengan pesan dari facebook yang asli dibawah ini.
Penipuan Facebook
Cukup jelas bukan beda Tim Facebook Palsu dan Tim Facebook Asli? Karena Tim Facebook Asli akan memberikan keterangan secara lengkap dengan tanggal kejadian dan lokasi.

Kalian pasti berpikir apa keuntungan mereka melakukan hal tersebut. Mereka mengincar beberapa keuntungan yaitu :
1. Uang
Karena setiap akun facebook mungkin ada Chip Poker atau Fanspage yang bisa diambil alih untuk mendapat uang.
2. Promosi Viral
Kalian tau grup-grup facebook dengan member fantastis banyaknya ya mereka mengambil salah satu akun dan memasukkan semua teman yang ada di akun tersebut ke dalam grup yang di inginkan.
3. Masalah Pribadi
Mungkin seseorang yang melakukan hal tersebut sentimen terhadap anda atau ingin menjelek-jelekkan anda dengan membuat status Atas nama akun anda setelah akun anda diambil alih.

Oke cukup sekian sedikit penjelasan dari ane, semoga bermanfaat bagi kalian semua. Ingat! Hati-hati dengan segala sesuatu penipuan di dunia maya. Beware and keep stay on Supercoolzz.